ISNU DARUNGAN NGAJI PKH

Doc. Civitas ISNU bersama kades, dan petugas PKH.

ISNUDARUNGAN. Mengawal program pemerintah bukanlah tugas yang mudah bagi organisasi nirlaba atau non profit, apalagi minimnya perhatian publik dalam mendalami prosedur dengan serius dan benar dari sumber yang valid, namun hal ini tidak terjadi pada ISNU desa Darungan. Organisasi yang berusia 6 bulanan ini, berkomitmen mengawal program pemerintah yaitu PKH dengan menghadirkan petugasnya.

Berawal dari temuan-temuan warga tentang warga pra sejahtera yang tidak mendapat bantuan PKH, ISNU Darungan berinisiasi menghadirkan petugas PKH untuk mengorek lebih dalam prosedur, dan segala teknisnya terkait bantuan PKH tersebut. Diskusi dilakukan pada hari Senin, 23 Desember 2019 di kediaman bapak Holili kidulkebun dusun Krajan desa Darungan Kec. Tanggul Kab. Jember Prov. Jawa Timur.

Diskusi kali ini sangat istimewa, disamping nara sumber/pemateri yang kompeten dibidangnya juga dihadiri oleh orang nomor satu di Pemerintah Desa Darungan, Kepala Desa (kades) Darungan, bapak H. Arafit / H. Sukron yang masih mengenakan seragam dinasnya.

H. Sukron cukup bangga dengan kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan ini, “Terima kasih semuanya, untuk kemajuan desa mari kita bersama-sama bergerak sesuai kemampuan masing-masing, terkait bantuan-bantuan mari kita kawal bersama-sama” ujar kepala desa yang dilantik pada hari rabu, 23 Oktober 2019 tersebut.

Sesi diskusi berjalan hidup, antusiasme dan rasa penasaran dari anggota ISNU terpenuhi, pertanyaan demi pertanyaan terjawab dengan tuntas dan tepat. Kehadiran kades dalam acara ini sangat membantu dalam hal percepatan penanganan bantuan-bantuan yang tidak sasaran, dan sebagainya. Namun karena keterbatasan waktu diskusi yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB harus berakhir sampai pukul 12.00 WIB.

Diskusi “bantuan PKH” ini bertujuan supaya ISNU lebih banyak belajar, memperdalam problematika masyarakat, bagaimana cara penanganannya, cara menjelaskan kepada masyarakat jika ada masalah-masalah yang perlu ditangani dengan cepat, tepat, dan tidak berefek samping pada ISNU.

Hadir segenap pengurus ISNU desa Darungan maupun Kec. Tanggul, anggota BPD, dan pengurus NU.

Komentar